Melayani Bayar di Tempat khusus Surabaya, Sidoarjo dan Gresik Pembelian Jumlah tertentu
News

Infeksi Virus Komputer Juga Terjadi Pada Manusia

1 Juni 2010

Virus Computer

Jakarta - Bukan hanya dalam kisah fiksi ilmiah, di kehidupan nyata seorang manusia pun bisa terinfeksi virus komputer. Hal itu terjadi secara sengaja dalam sebuah penelitian ilmiah. 
Ya, seorang peneliti senior asal Inggris merelakan dirinya menjadi 'korban' pertama yang terinfeksi virus komputer. Itu sengaja ia lakukan untuk menunjukkan chip implan medis yang ditanamkan pada seseorang juga bisa berbahaya.
Bagaimana bisa? Secara teknis Mark Gasson, peneliti senior dari University of Reading School of Systems Engineering ini memasukkan chip yang telah terinfeksi virus ke dalam tangannya.
Memang virus tidak akan menyebar walau chip itu berada di dalam tubuh manusia. Tapi Gasson menunjukkan bahwa semakin canggih implan medis maka akan semakin rentan pula terhadap virus komputer. Itu berarti implan yang sangat penting bagi kesehatan juga bisa membahayakan manusia yang menggunakannya.
"Penelitian kami menunjukkan bahwa teknologi implan telah dikembangkan ke titik di mana implan mampu berkomunikasi, menyimpan dan memanipulasi data. Ini seperti komputer utama yang dapat terinfeksi virus. Teknologi perlu mengimbangi ini sehingga implan dan peralatan medis dapat digunakan secara aman di masa depan," ia menjelaskan.
Chip yang telah tertanam di tangan Gasson sejak tahun 2009 itu adalah sebuah chip RFID. Chip yang sama dengan yang biasa ditanamkan pada hewan untuk melacak keberadaannya.
Dengan chip ini, Gasson dapat mengakses ponsel dan pintu gedung kampus serta melacak dan melihat profilnya. Ketika chip itu terinfeksi virus, maka sistem komunikasi rusak dan bisa dengan mudah menyebar ke implan lain yang terhubung
dengan sistem ini.
"Sama seperti orang lain dengan implan medis, setelah satu tahun chip ini ditanam, saya merasa dia adalah bagian dari tubuh saya," ujar Gasson sambil menunjukkan lengannya. "Meskipun menyenangkan menjadi orang pertama yang terinfeksi virus komputer tapi saya menemukan hal lain yang berpotensi buruk di luar kendali saya," tambahnya.
Seperti dikutip detikINET dari Cnet, Sabtu (29/5/2010). Gasson juga menerangkan bahwa implan komputer dapat digunakan di luar hal medis, seperti untuk meningkatkan memori atau kecerdasan seseorang.
( wsh / wsh ) Febrina Ayu Scottiati - detikinet



Baca juga
  » 18 Juli 2012
Jenis Battery Samsung
Banyak Powerbank di pasaran yang mengklaim memasang Battery Samsung dalam Produk nya, dan pembeli hanya bisa menerima saja informasi itu tanpa bisa membuktikan apakah benar Battery yang dipasang adalah menggunakan Samsung Battery (Li -ion atau Li Polymer).

  » 5 Februari 2012
Recovery Windows 7 Starter di Netbook Toshiba
Apabila kita mengalami kerusahan O/S baik kena virus atau tertimpa dengan tidak sengaja, maka kita akan kesulitan untuk menginstall kembali Windows 7 Starter original tersebut.

  » 24 Desember 2011
Membasmi Virus Sality
Merikut cara cara membersihkan virus sality yang menyerang computer anda.

  » 15 Desember 2011
Driver HP Probook 4230s win7
Driver untuk notebook HP Probook 4230s

  » 16 Juni 2011
Acer Iconia "Curi Start" dengan Honeycomb
Produsen lain boleh mengklaim sebagai produsen tablet pertama dengan Android 3.0 atau Honeycomb. Tapi, soal ketersediaan di pasar, Acer mungkin bakal menjadi yang pertama masuk ke pasaran Indonesia. Acer Iconia A500 yang telah menggunakan platform terbaru buatan Google itu diluncurkan di Jakarta, Selasa (2/5/2011).